Saturday, May 12, 2012

BELAJAR BAHASA JEPANG




Setelah lama tidak memposting tentang apapun, tiba-tiba setelah kelas bahasa jepang pertamaku selesai, timbul perasaan kangen sama blog yang udah lama ditinggal ama yang punya ini,, mohon maaf yahh..  kalau jaringan internet trus bagus aku akan memposting tulisan-tulisan ku yang udah lewat. Yaa,, walaupun udah pasti catattan basi, tapi ga papalah, yang penting ada cerita yang mampu mengingatkan aku ke one once the time hehe…
Ok. Cerita awal mengapa aku tertarik mengikuti kursus bahasa jepang ini yaaa,, karena aku sangat suka comic jepang. Lebih tepatnya detektif conan. Huaa,, kalau udah ngomongin conan jadi kangen shinichi hehe. Comic yang dibuat oleh komikus Aoyama Gosho ini memang hal pertama mengapa aku mencintai negara yang udah menjajah negaraku sendiri. Dilanjutkan dengn budaya disiplinnya yang luar biasa. Aku suka, bahkan aku suka meniru gaya mereka untuk berlari menuju arah tujuannku agar aku tidak terlambat. Alhasil aku ngos-ngosan hehe.. J.
Memasuki hari pertama belajar bahasa jepang, yang kudapat adalah beberapa kosakata dasar dan dua pola kalimat dalam bahasa jepang..Baiklah yang pertama kosa katanya dulu yaa,,
Watashi = saya
Watashi tachi = kami, kita
Anata = anda, saudara, tuan (digunakan kepada orang yang telah akrab)
Ano hito (aano kata) = orang itu, dia (ano kata, bentuk sopan)
Minasan = anda sekalian, saudara sekalian, ibu-ibu, bapak-bapak
~san = Sdr.~ , Tuan~, ibu~
~kun = akhiran yang dipakai untuk anak laki-laki
~jin =  akhiran yang dipakai untuk  menyatakan warganegara
Sensei = dosen, guru (tidak dipakai untuk perkerjaan sendiri)
Kyoushi = dosen, guru (dipakai untuk kalangan sendiri)
Gakusei = mahasiswa
Kaisnain = pegawai perusahaan
Shain = karyawan perusahaan ~
Kenkyuusha = peneliti
Isha = dokter
Enjinia = insinyur
Daigaku = universitas
Byuuin = rumahsakit
Denki = listrik, lampu
Dare (donata) = siapa (donate, bentuk sopan)
~sai = umur ~tahun

Nah kalau untuk polannya ada dua berikutt:
~ wa ~ desu
Contoh: watashi wa isha desu / saya seorang dokter
~ wa ~ ja arimasen (bentuk negative dari desu)
Watashi wa isha ja arimasen  /   saya bukan seorang dokter

Hajimemasite Watashi wa riva desu, Indoneshia kara kimashita, Doozo yoroshiku J

No comments:

Post a Comment